Takut Insyaf

(Hehe, saya geli sendiri membaca judul di atas..)

Ketakutan ini berawal saat saya sedang kalap dan keluyuran sendiri di Toga Mas. Entah datang dorongan dari mana, saya mendadak ingin membeli buku karangan Salim A. Fillah berjudul ‘Saksikan Bahwa Aku Seorang Muslim’. Bisa jadi, salah satu penyebabnya karena puisi keren yang ada di halaman terakhir buku ini. Setelah buku itu dibayar, disampul hingga tampak makin cantik (beneran ini mah, desain sampulnya memang cantik..), saya cuma menimang-nimang buku itu sampai ke kamar kos.

Setelah sampai kamar, buku itu pun tidak langsung saya baca. Ragu-ragu, saya bolak-balik halaman-halamannya tanpa membaca. Yani, teman sekosan saya jadi bingung melihat perilaku ini.

“Kenapa, sal?”

“Sali mau baca buku ini, tapi takut insyaf… Hehe…”

“Hah?? Insyaf kok takut?”

Jelas ketakutan saya memang berlebihan. Sebuah buku bukan resep insyaf cespleng, karena hidayahNya akan datang jika saya menginginkannya. Lagipula, apa yang salah dengan insyaf? Sebenarnya, ketakutan saya yang paling besar untuk insyaf adalah berubah menjadi pribadi yang diri saya sendiri tidak bisa mengenalinya. Hmm, insyaf yang gimana dong?

Insyaf bisa berarti lisan saya jadi terjaga dari becandaan-becandaan gak penting yang mungkin menyakiti hati ‘korban-korban’ saya.

Insyaf bisa berarti lengan dan tungkai saya istirahat dari aktivitas menjahili teman-teman saya.

Insyaf bisa berarti mengurangi gestur-gestur berlebihan yang sering saya lakukan untuk mengekspresikan sesuatu.

Sebenarnya saya gak segitunya juga kok. Kalo kata Profesor Primadi Tabrani (beliau orang keren nih…), saya tergolong orang yang punya playing impulse yang cukup banyak untuk usia segini. Jadi deh, masi sering jail, iseng, bahkan belakangan dicap autis.

Hahah…

Iklan

10 pemikiran pada “Takut Insyaf

  1. alhamdulillah, walaupun takut insyaf minimal udah menyadari kesalahan2 sendiri (hahahaha)
    btw, buku itu juga pengen saya miliki, tapi karena terlalu mahal, jadinya rencana buat ngebajak, hehehehe (masih sebatas niat, belon dilakukan)

    ngomong2 komenmu di http://sandibayuperwira.wordpress.com/2008/05/19/gadis-berkerudung-biru-muda/#comment-63

    saya udah menghapusnya kok, karena saya sadar ada orang2 yang bakalan bikin berita heboh n minta klarifikasi dari saya (opo iki!)
    hehehe…

    kalo si sandi parah,,,masih dipelihara tuh tulisannya,,,

  2. assalamualaikum..
    shally.. ini silvi (panitia fim VI, ingatkah? ^^)
    iseng2 buka blognya rumah belajar itb..eh ketemu blog nya shally..

    ^^ takut insyaf? ga lah ya..
    memang, keluar dari zona nyaman itu berat..
    tapi.. belum tau juga..
    kan belum dicoba? mana tau jauh lebih enak..
    berubah ke arah yang lebih baik..
    ^^

  3. yang pake ketemu gw disana itu ga sal?

    hmm… kalo kata gw, insyaf adalah:menyesal atas perbuatan buruk di masa lalu, dan penyesalan atas perbuatan itu menjadi pendorong untuk tidak melakukannya lagi…

  4. huachiim….!!! (ceritanya bersin)
    kaya ada yang ngomongin gw nich di comment tulisan ini…
    haha aneh juga judulnya….
    hal ini yang dulu pernah gw takutin waktu TPB, akibatnya selama TPB gw selalu bolos dari mentoring…
    tapi sekarang gw jd mikir..emang kenapa harus takut dengan insaP?toh sampe sekarang gw jg blom insaP2…
    yah nyang penting mah kita berusaha untuk selalu berbuat apa yang menurut Qt bener..kalo ada yg bilang itu ga bener, ya tinggal di pikirin lagi ja kebenran dari pola pikir kita…
    cuma masalahnya tidak semua orang mampu mengarahkan kita ke arah yg bnr…jd teuteup harus pilih2 penasehat…iya tak…?

    @ Deri
    macam artis aja bikin begitun jd heboh…lagian yg ada di blog gw kan semua ttg diri gw…jd misalny ada tulisan begituan…ya…Itulah Saya…

  5. hmm, biasanya yg takut insyaf karena “..where all the fun ends”. alhamdulillah bisa sadar, perubahan kan bertahap, jadi gak perlu takut .. hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s