Transliterasi Salah Kaprah

Plop. Sebuah pop up instant message window dari Yahoo Messenger muncul di monitor komputer yang sedang saya pakai.

“Assalamualaykum..” begitu sapaan yang mampir dari komputer di seberang. Alis saya mengerenyit sebelah. “Wa’alaikumussalam warahmatullah..” jawab saya. Setelah itu, percakapan pun mengalir seperti biasa.

Kerenyitan alis saya tadi bukan tanpa alasan. Perhatikan bagian huruf yang saya beri warna merah. Lazimnya orang akan menuliskan kalimat salam dengan hutuf ‘i’ dan bukan ‘y’ seperti teman saya tadi.

Di kali yang lain, mampir sebuah pesan singkat di telepon genggam saya dari orang yang berbeda dengan yang tadi. “… InshaAllah, Shally…” Kembali alis saya mengerenyit.

Lagi-lagi sebuah ketidak laziman dari kebiasaan orang jamak untuk menggunakan huruf ‘sy’ pada kalimat tersebut. Saya mulai merasa terganggu. Transliterasi aneh macam apa ini? Pedoman transliterasi dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia sudah dibuat oleh Departemen Agama dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri P&K Nomor 158/1987, Nomor 0543b/U/1987 tentang Pedoman Transliterasi Arab Latin.

Mudah-mudahan ini bukan sekedar keren-kerenan atau gejala ekslusifitas tertentu.

Iklan

4 pemikiran pada “Transliterasi Salah Kaprah

  1. halo, shally. punya salinan (file) skb tentang transliterasi itu? aku ngga/belum nemu di google:( bagi, ya, kalau punya. aku memerlukannya karena penasaran: kabarnya di skb itu “dzal” ditulis sebagai “z”, sama dengan “zay”. tq.

  2. Hi, Assalaamu’alaykum 😀 Kalau pake transliterasi resmi SKB mah ngga praktis atuh. Yg penting pesannya nyampe, kan? Kalau saya baca yg bahasa Inggris, transiletarasi sy menjadi sh. Terus ts menjadi th. Dan diftong ai menjadi ay. Namanya juga transilterasi, pasti ada informasi yg hilang.

    Salam kenal

  3. As-salāmu ‘alaikum wa raḥmatu Allāhi wa barakātuh…

    Mencoba transliterasi ala SKB:
    ā ū ī (font dalam blog ini tidak support, jadi tanda panjang tidak tepat di atas a, i dan u)
    ḍ ṣ ṭ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s